Kingvoyage Travel Planner: GEMBOK CINTA HADIR DI BANDUNG

Selasa, 06 Juni 2017

GEMBOK CINTA HADIR DI BANDUNG

Gembok cinta, simbol kesetiaan sepasang kekasih ini semakin populer di penjuru dunia. Di Jakarta, lokasi gembok cinta ada di Ancol. Bandung pun tak mau kalah, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil hari Jumat (19/9) ini meresmikan Taman Gembok Cinta di kawasan Plaza Balai Kota Bandung.

"Silakan gembok cinta agar abadi," kata Ridwan Kamil di sela-sela memasang gemboknya di Taman Gembok Cinta saat peresmian.

Filosofi gembok sejatinya punya makna dalam di Rusia. Di sana, cinta lebih dimaknai sebagai sebuah kekuatan yang mampu menggerakkan manusia. Cinta tidak melankolis dan cengeng. Karenanya, gembok juga mempunyai sifat mengamankan. Manakala sang pemilik telah mengunci rumah, mobil atau alamarinya, maka rasa aman akan muncul dalam sanubari.

Demikian juga ketika manusia telah menggenggam cinta, maka rasa aman dan damai akan segera dirasakan. Tanpa cinta, maka kehidupan akan menjadi sangat hampa dan tanpa makna.

Selain itu, gembok selalu menautkan dua hal yang berbeda, mengikatnya menjadi satu untuk tidak mudah dibongkar oleh pihak lain. Sekali bersatu, maka keduanya tidak mudah dipisah. Gembok hanya bisa dibuka oleh sang empunya anak kunci.

Agar mendapatkan cinta sejati, maka pemilik gembok harus membuang anak kunci. Mereka akan membelakangi sungai lalu melemparnya ke belakang secara bersamaan. Begitu kecemplung di air, hilanglah kesempatan untuk membongkar gembok. Tidak ada alasan untuk membongkar cinta yang telah ditautkan.

Itulah dasar penempatan area gembok cinta biasanya di atas jembatan. Pemerintah Kota Moskwa telah membuat sebuah jembatan cinta di atas salah satu anak sungai Moskwa dengan sangat indahnya. Lokasinya tidak jauh dari Kremlin.

Di Bandung sendiri, menurut Ridwan Kamil, kehadiran Taman Gembok Cinta justru terinspirasi dengan gembok cinta di Paris yang menjadi salah satu kawasan wisata di negeri itu. Ia berharap kehadiran taman sama juga mampu menyedot wisatawan.

"Khusus yang sudah punya pasangan, yang belum punya pasangan jangan berani-berani menggembok kuncinya ya," seloroh Ridwan Kamil.

Gembok Cinta merupakan salah satu taman tematik yang saat ini memberikan gairah dan energi bagi Kota Bandung dalam memberikan ruang pubik di kota itu.

Sebelumnya Ridwan Kamil juga membangun Taman Film, Taman Fotografi, Taman Persib, Taman Futsal, Taman Cilaki hingga Taman Jomblo yang membuat heboh dunia setelah mendapat perhatian dari sejumlah media elektronik.