Kingvoyage Travel Planner: MENYANTAP KESEGARAN ES DOGER BANDUNG

Kamis, 08 Juni 2017

MENYANTAP KESEGARAN ES DOGER BANDUNG


Es doger merupakan salah satu kuliner yang banyak ditemui di Kota Jakarta. Meski banyak anggapan es doger berasal dari Bandung yang dibawa oleh para pedagang ke Jakarta, jajanan yang satu ini sudah mengakar dan menjadi kebudayaan orang Jakarta. 

Masyarakat Jakarta kerap menjadikan es doger sebagai salah satu sajian dalam berbagai acara, seperti dalam resepsi pernikahan, acara khitanan, hingga syukuran tujuh bulanan.
 
Cara membuat es doger tidaklah rumit. Meski demikian, bukan berarti setiap orang dapat dengan mudah membuatnya. 

Tahap pertama dalam pembuatan es doger dilakukan dengan memarut balokan es. 

Menurut penjual es doger yang ditemui di Gang Selot, Bogor, dalam sekali produksi setiap penjual biasanya mampu memproduksi hingga 20 liter Es.

Es yang sudah diparut kemudian diolah kembali menggunakan campuran serutan kasar kelapa muda, potongan nangka, gula, dan santan. 

Untuk menambah kenikmatan es, beberapa penjual juga mencampurkan susu kenatal manis. 

Bahan-bahan yang dicampurkan ini kemudian diaduk dengan es yang sudah diparut hingga rata. 

Setelah tahap ini, es doger sebenarnya sudah bisa untuk dinikmati, namun penjual kerap menambahkan campuran luar untuk menambahkan kenikmatan es doger, selain juga untuk mempercantik tampilannya.

Meski penjual es doger mempunyai resepnya sendiri mengenai bahan-bahan yang digunakan sebagai campuran luar, namun umumnya penjual es doger menggunakan tape singkong, ketan item, dan alpukat sebagai campuran luarnya. 

Sebagai jajanan rakyat, es doger umumnya dijual dengan harga yang sangat terjangkau, satu porsinya antara Rp 3000- 5000. 

Penjualnya akan mudah ditemukan di pasar, di sekolah, atau di sekitar area wisata.

Menikmati Es doger di tengah matahari yang terik merupakan pilihan yang pas. 

Selain nikmat dan segar, Es doger alias es dorong gerobak juga mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi. 

Tidak salah jika berbagai laipsan masyarakat semakin menggemari jajanan yang satu ini, dan kerap menjadikannya sebagai sajian yang harus ada dalam berbagai hajat.