Kingvoyage Travel Planner: CAR FREE DAY - DAGO, BANDUNG

Kamis, 08 Juni 2017

CAR FREE DAY - DAGO, BANDUNG

Apa yang Anda harapkan ketika ditanya berkaitan dengan kota besar ? Pasti Anda akan menyebut soal kemacetan, polusi udara, dan kecelakaan lalu lintas yang semuanya berharap untuk diminimalisir. Lantas, mungkinkah sebuah kota sesibuk dihari-hari tertentu tampil dengan lebih bersih dan tanpa kebisingan oleh lalu lalangnya kendaraan bermotor ?

Nah, berkaitan dengan hal ini, rasanya masyarakat Kota Bandung patut bersyukur karena Bandung kini memiliki hari khusus tanpa kendaraan atau disebut dengan Car Free Day. Sejak Mei 2010 lalu, setiap Hari Minggu pagi, Jalan Dago Bandung yang biasanya ramai dan sumpek oleh berbagai macam aktifitas kendaraan menjadi lengang. Car Free Day ini diberlakukan selama 4 jam dari pukul 06.00 – 10.00.

Gagasan ini pertama kali diinisiasi oleh Walikota Bandung dan mendapat sambutan luas dari segenap masyarakat di Kota Bandung. Makanya Anda bisa memanfaatkan momen-momen langka ini untuk menghirup udara Bandung yang segar dan tentunya tak dipusingkan oleh bisingnya kendaraan motor maupun mobil, atau bunyi klakson yang terkadang jauh dari keadaban. Meski hanya terlaksana dalam waktu yang relatif singkat namun cukup untuk membebaskan Kota Bandung dari terkaman kemacetan dan polusi udara yang menggila.

Sejak diimplementasikannya program Bandung Car Free Day ini banyak masyarakat Bandung yang berduyun-duyun datang. Tak heran kalau setiap Sabtu sore hotel di sekitar Jalan Dago Bandung menjadi penuh oleh mereka yang berasal dari luar kota untuk kemudian menikmati momen Bandung yang bebas dari asap kendaraan bermotor di Minggu paginya.


Car Free Day Bandung diadakan setiapa hari minggu. Waktu Car Free Bandung dimulai dari jam 6.00 WIB samapai jam 10.00 WIB. Sama halnya dengan Car Free Day Jakarta dan Car Free day di seluruh dunia yang mengadakannya, car free day ialah suasana tidak ada kendaraan yang bergerak dalam rentang waktu tertentu untuk mencegah polusi dan merupakan aksi peduli lingkungan, “save the earth”, begitu slogannya. Kegunaan Car Free Day untuk memberikan kebebasan sejenak dan ruang untuk beraktivitas bagi masyarakat. Nah masyarakat biasanya memanfaatkan untuk berolahrga, jalan kaki, lari-lari hingga bersepeda.

Untuk Car Free Day Bandung Anda akan merasakan nuansa segar dan Anda bisa melihat bikers berkeliaran di sekitar Dago Hingga ke ITB Bandung.

Lokasi Car Free Day Bandung di Jl. Ir.H.Juanda atau bahasa gaul nama daerah ini ialah Dago. Banyak sekali kegiatan dalam car free day Bandung tidak hanya monoton olahraga tapi ada juga hiburan. Di sekeliling kota Kuliner ini ada juga sekumpulan masyarakat Bandung yang berolahraga dengan memakai sepeda baik usia muda hingga ke orang tua. Masyarakat kelihatan antusias untuk mengikuti Car Free day. Sekedar informasi, car free day merupakan kegiatan bebas tidak dipungut biaya apapun.


Car Free Day digelar di Jalan Dago, Bandung, Jawa Barat.





 Selamat Berkunjung ya :)