Kingvoyage Travel Planner: RANCAUPAS CIWIDEY BANDUNG

Kamis, 08 Juni 2017

RANCAUPAS CIWIDEY BANDUNG


RancaUpas Ciwidey tempat wisata di Bandung ini lokasinya hanya 6 km dari Kawah Putih, Bandung. Luas area yang dikelola oleh perhutani Bandung Selatan ini sekitar 215 ha, dengan pemandangan alam pegunungan yang masih asri. 

Secara geografis tempat wisata di Ciwidey ini berada pada ketinggian sekitar 1700 dpl, dan apabila menggunakan GPS, posisinya berada pada kordinat 7 8'20" S, 107 23' 31" E. Keadaan dan kondisi ini membuat kondisi di area sekitarnya sangat dingin dan sejuk dengan suhu udara sekitar 18-23oC.

Untuk menarik para wisatawan lokal dan mancanegara, banyak pengembangan dan perbaikan dari segi layanan dan fasilitasnya. Beberapa aspek yang menjadi daya tarik utama antara lain : 

1. Bumi Perkemahan : Area ini bernama BUMI PERKEMAHAN RANCAUPAS merupakan produk wisata utama yang ada di daerah ini. Lokasi dan areanya sangat luas dengan padang rumput dan pepohonan yang sudah tertata rapi dan bersih. Sehingga segala aktivitas terasa lebih nyaman. Apalagi saat liburan sekolah, tempat ini selalu dipenuhi pelajar dan juga para mahasiswa dari sekolah.

2. Penangkaran Rusa : Masih dalam satu area, terdapat penangkaran rusa jawa. Luas area untuk penangkaran ini sekitar 4-5 ha. Anda dapat menikmati keindahan padang rumput yang sangat hijau dengan latar pepohonan dan pegunungan yang dipenuhi oleh rusa. Konon, awalnya rusa-rusa tersebut diambil dari kebun binatang Ragunan, Jakarta.

3. Hutan Lindung : Seluruh area Ranca Upas ini merupakan bagian yang dilindungi populasi dan keberadaannya oleh pemerintah. Populasi jenis tumbuhan dan pohon yang berada di hutan lindung ini diantaranya Hamirung, Huru, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Puspa dan Pasang. Oleh karena itu selain menjadi paru-paru kota, juga menjadi hutan wisata yang menyenangkan. 

4. Area Bermain : Setelah mengalami renovasi dan pengembangan wisata, sekarang terdapat area bermain yang sayang untuk dilewatkan salah satunya ialah Kampung Cai;sebuah area bermain atau lebih populer disebut dengan waterboom. Selain itu, anda dapat menikmati fasilitas outbound, mengendarai ATV, joging, memancing, mandi dipemandian air panas, dan masih banyak lagi. 

Selamat berkunjung ya. Lokasinya ada di Jalan Raya Ciwidey, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Indonesia. 10 menit dari Kawah Putih.