Kingvoyage Travel Planner: Gunung Tangkuban Parahu

Kamis, 08 Juni 2017

Gunung Tangkuban Parahu

Wisata Tangkuban Perahu adalah kawasan wisata di Bandung Utara yang tidak pernah sepi pengunjung. Baik turis domestik maupun turis luar negeri setiap harinya berdatangan untuk menikmati keindahan alam di gunung Tangkuban Perahu. Selain memang pemandangan yang disajikan di tempat wisata ini sangat mempesona, tempat wisata ini juga memiliki legenda yang sudah amat terkenal. Ya Sangkuriang adalah legenda dari gunung Tangkuban Perahu.

Gunung ini berbentuk seperti perahu terbalik, dimana menurut legenda hal itu disebabkan karena Sangkuriang gagal memenuhi janji membuat perahu dan danaunya dalam satu malam sebagai syarat untuk menikahi Dayang Sumbi yang sejatinya adalah ibunya sendiri. Sangkuriang yang gagal karena kehabisan waktu kemudian menendang perahu tersebut hingga melayang jauh dan terbalik. Perahu terbalik tersebut tertelungkup, yang dalam bahasa Sunda disebut tangkub, sehingga sampai saat ini disebut Tangkuban Parahu. 


  • Melihat-lihat pemandangan
  • Menikmati lingkungan alam yang indah dan asli
  • Mengambil gambar atau berfoto di tempat legendaris
  • Mendaki ke tepi kawah untuk melihat mata air panas dari dekat
  • Merebus telur di permukaan mata air panas


Untuk mengunjungi objek wisata Tangkuban Perahu, Anda bisa menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Biaya masuk menuju objek wisata dibedakan bagi turis domestik dan juga turis mancanegara. Selain itu, tarif juga dibedakan menurut kendaraan apa yang Anda gunakan.





Setelah Anda sampai ke objek wisata gunung Tangkuban Perahu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau dengan menunggangi kuda. Ada cukup banyak kuda yang bisa anda sewa di objek wisata tersebut.

Jika Anda ingin berfoto-foto, maka ada beberapa tempat yang sangat cocok untuk berfoto. Tempat-tempat yang cocok untuk berfoto antara lain kawah Ratu, Kawah Jurig, Kawah Domas, dan kawah Upas.

Jika Anda sudah berkunjung sampai ke Kawah Ratu, kami sarankan Anda untuk mendaki sedikit lagi ke stasiun geologi. Dari tempat tersebut Anda bisa melihat semua aktifitas gunung Tangkuban Perahu.

Kawah besar yang terdapat di gunung ini merupakan pemandangan yang menakjubkan dan Anda dapat menjelajahi kawahnya sekitar 2 jam. Gas sulfur masih keluar dari kawah meskipun tidak aktif. Dari atas gunung ini, Kota Bandung hanyalah hamparan luas di kaki gunung. Kunjungi tempat ini sebagai bukti Anda telah ‘melihat’ Bandung. Selamat berkunjung ya :)

Tips :"(1) Tidak semua orang tahan dengan bau gas sulfur, tutupilah hidung Anda dengan sapu tangan. (2) Jangan ragu-ragu untuk menolak pedagang yang Anda tidak tertarik untuk membeli. (3) Disarankan untuk membawa jaket atau sweater untuk menghindari udara dingin. Payung pun dapat berguna untuk mengurangi sengatan matahari yang terik. (4) Usahakan datang sepagi mungkin karena pada saat siang kabutnya mulai menutupi pepohonan."