Kingvoyage Travel Planner: POHON SOSIS DI TAHURA BANDUNG

Selasa, 06 Juni 2017

POHON SOSIS DI TAHURA BANDUNG

Masih ingat warung sosis bakar ini yang menyambut Anda ketika masuk Tahura ?

Ternyata di dalam Tahura ada pohon sosisnya lho.. Namanya Pohon Sosis Afrika. Hehe, tapi tentu saja sosis yang dibakar itu tidak dipetik dari pohon sosis yang memiliki nama ilmiah Kigelia aethiopica Decne ini. Pohon yang tingginya bisa mencapai 20 m ini berasal dan hidup tersebar di beberapa negara di Afrika, seperti Chad, Senegal, Namibia, dan Afrika selatan. Kigelia berasal dari bahasa Bantu (bahasa lokal negara Mozambik), yaitu kigeli-keia yang berarti “Sosis”.

Disebut pohon sosis karena memang buahnya berbentuk seperti sosis yang tumbuh menggantung ke bawah dengan panjang berkisar antara 30 cm hingga 1 m dengan diameter sekitar 18 cm dan beratnya bisa mencapai 10 kg… Wooww. Namun sayangnya, waktu kami berkunjung, si pohon belum berbuah sehingga kami belum beruntung melihat buah sosisnya. Tapi thanks to Google, berikut penampakan asli dari si buah sosis.

Buah sosis ini merupakan sumber makanan bagi beberapa jenis hewan seperti gajah, monyet, jerapah, dan beberapa jenis burung paruh bengkok Afrika yang menyukai bijinya. Para hewan tersebut juga suka berkumpul di bawah naungan kanopi pohon sosis yang luas dan nyaman untuk beristirahat.


Di negara asalnya, naungan kanopi pohon sosis yang nyaman ini digunakan sebagai tempat menjalankan upacara keagamaan, rapat persiapan perang, dan bahkan di Bostwana, orang-orang berkumpul dibawah pohon sosis untuk menunggu kedatangan pesawat lho.. unik bukan. Namun harus berhati-hati juga apabila berada di bawah pohon sosis ini, bukan karena sesuatu yang mistis tapi buah sosis yang beratnya 5-10 kg bisa saja tiba-tiba jatuh menimpa Anda.

Selain sebagai sumber makanan, buah sosis tersebut juga digunakan oleh orang Afrika sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa penyakit seperti encok, sipilis, dan luka gigitan ular. Bagian pohon lainnya pun seperti bunga, daun, kulit kayu, dan akar juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Pohon sosis Afrika merupakan salah satu dari sekian tanaman bukan asli Indonesia yang kami temukan di Tahura. Selain pohon sosis ini, kami juga menemukan pohon Mahoni Uganda. Entah bagaimana dulu ceritanya para tanaman ini bisa tumbuh di Tahura.