Kingvoyage Travel Planner: BAJIGUR - MINUMAN HANGAT BERKHASIAT

Kamis, 08 Juni 2017

BAJIGUR - MINUMAN HANGAT BERKHASIAT

Jika masyarakat Betawi mengenal bir pletok dan orang-orang di Dataran Tinggi Dieng memiliki purwaceng sebagai minuman tradisional yang berkhasiat, masyarakat Sunda juga punya. Namanya Bajigur. Entah darimana toponimi itu berasal, tapi yang pasti bajigur memiliki cita rasa yang segar selain juga berkhasiat.

Meski berasal dari Jawa Barat, pedagang bajigur banyak dijumpai di seputaran Jakarta. Pedagang bajigur biasanya menggunakan gerobak. Di dalam gerobak, terdapat kompor yang digunakan untuk menghangatkan bajigur. Karenanya, bajigur yang dijual dalam gerobak selalu tersaji dalam keadaan hangat. 

Cara membuat bajigur sangat mudah. Bang Udin salah seorang pedagang bajigur yang berjualan di Situ Babakan mengungkapkan bahan-bahan berupa jahe, santan, gula jawa, dan garam dicampurkan jadi satu. Setelah bercampur, bahan-bahan tersebut dimasak sambil diaduk-aduk. Saat dimasak, campuran tersebut ditambahkan vanili. Jika berselera, adonan tersebut bisa ditambahkan dengan sedikit kopi atau kolang-kaling. 

Bajigur akan lebih nikmat jika diminum dalam keadaan hangat. Meski demikian, banyak juga masyarakat yang suka meminumnya dalam keadaan dingin dengan mencampurkan es batu. 

Bajigur sangat pas dinikmati pada sore hari yang dingin atau ketika hujan turun. Minuman ini akan terasa sangat nikmat jika disajikan bersama singkong atau ubi rebus.