Kingvoyage Travel Planner: PASAR BARU TRADE CENTER - BANDUNG

Kamis, 08 Juni 2017

PASAR BARU TRADE CENTER - BANDUNG

Kota Bandung dikenal memiliki kekayaan budaya tradisional, seni, dan kreativitas orang mudanya yang terus berinovasi. Hingga saat ini Bandung lekat sebagai surga berbelanja dengan keberadaan factory outlet dan mengukuhkannya dengan julukan Paris van Java.

Tahukah Anda bahwa surganya belanja kota Bandung tidak hanya dapat ditemui dari deretan factory outlet ? Kini saatnya Anda mencoba sensasi berbelanja sandang di tempat bersejarah sekaligus dikenal memiliki harga terjangkau. Bagaimana, tertarik mengetahui destinasi belanja ini?

Pasar baru merupakan salah satu tempat shopping di Bandung yang menjual berbagai sandang dengan harga yang relatif terjangkau dengan kualitas baik. Sebagian orang Bandung mengatakan Anda belum ke Bandung jika tidak datang ke Pasar Baru. Pasar ini hampir setiap harinya senantiasa dipadati pengunjung yang berbelanja dan akan berkali lipat jumlahnya menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tips : "(1) Apabila Anda melihat sebuah pakaian  tidak menggunakan lebel harga maka itu berarti barang tersebut bisa Anda tawar. Pastikan juga kualitas barangnya diperiksa dengan baik. (2) Sangat banyak pilihan untuk satu barang yang Anda cari jadi mengapa tidak berkeliling terlebih dahulu sebelum memastikan membelinya. (3) Pasar ini sangat ramai jadi untuk berjaga-jaga pastikan Anda menyimpan barang berharga dan tas atau dompet di bagian depan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan."

Pasar Baru Trade Center atau Pasar Baru Bandung berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung. Pasar Baru Bandung merupakan pasar modern tertua yang masih berdiri dengan 12 lantai termasuk area parkir. Pasar ini tahun 1935 sempat dinobatkan sebagai pasar terbersih dan teratur se-Hindia Belanda.

Pasar Baru Bandung merupakan pasar tertua di Kota Bandung yang di bangun tahun 1884. Dulunya pasar ini bernama Pasar Baroeweg. Pasar Baru Bandung merupakan pengganti pasar lama di kawasan Ciguriang (Sekarang Jalan Kepatihan Alun-Alun Bandung). Pasar lama tersebut terbakar akibat Kerusuhan Munada tahun 1842.

Pasar Baru dibangun kembali tahun 1906 sebagai pasar modern pertama di Bandung dengan nuansa Pecinan. Tahun 1926 dibangun kompleks pasar permanen yang lebih luas dan teratur. Perombakan besar yang mengubah bentuk aslinya dilakukan tahun 1970-an yang membuat bangunan pasar ini menjadi gedung modern bertingkat walaupun konsep pasar tradisional masih dipertahankan. Terakhir gedungnya dibangun tahun 2001 dan diresmikan tahun 2003.

Di Pasar Baru Bandung Anda dapat berbelanja beragam jenis pakaian atau kain mulai dari kualitas biasa hingga yang kualitas tinggi. Jika cukup beruntung Anda bisa berbelanja dengan harga miring untuk memperoleh barang yang cukup bagus.

Dapatkan di sini beragam jenis sandang untuk semua usia mulai dari aneka pakaian jadi, kain batik, baju batik, bed cover, baju Muslim, jilbab, kebaya, serta beragam jenis asesoris tubuh lainnya. Termasuk di sini adalah pakaian, sepatu, dan tas. Di Pasar Baru Bandung Anda juga dapat menemukan satu lantai yang khusus menjual bahan kain. Apabila Anda berminat melihat pemandangan kota Bandung yang lebih luas maka dapat terlihat dari atas puncak gedung Pasar Baru.

Lokasi Pasar Baru Bandung berada di tengah kota, tepatnya di Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung. Anda dapat menemukannya tidak Jauh dari Jalan Asia Afrika, Bandung. Untuk menuju lokasi ini sangat mudah karena dikenal baik oleh penduduk Bandung.

Anda yang datang ke Bandung menggunakan kereta api maka dari Stasiun Kereta Api Bandung lokasinya tidak begitu jauh sekitar 200 meter Pasar Baru. Jadi mengapa tidak Anda berjalan kaki sambil menikmati gedung tua sekitarannya.

Sesudah puas berbelanja pastinya perut Anda perlu dilayani sajian kuliner khas Bandung yang bertebaran di sepanjang jalan. Temukan berbagai pilihan restoran atau cafe di sekitarannya. Bahkan bila Anda berminat, para pedagang dipinggiran jalan pun sanggup menawarkan makanan nikmat.

Anda dapat mencicipi Toko Cakue dan Bapia Osin (Lie Tjay Tat) yang berlokasi di Jalan Belakang Pasar. Cakuenya menggunakan resep tradisional yang masih terus dipertahankan. Ukuran cakuenya ini besar dengan rasa yang gurih dan renyah.

Di Jalan Pasar Barat temukan jenis makanan istimewa yaitu es goyobod di warung Goyobod Kuno 1949 dan merupakan salah satu keluarga perintis usaha es goyobod di Bandung.

Bagi warga Bandung tempat kuliner lain yang digemari sekitaran Pasar Baru adalah Gado-Gado Bi Acim, Sate Gule Abah Odjie, dan Mie Kocok Subur.

Apabila Anda ingin mencicipi gorengan khas Bandung dan batagornya yang sudah bejualan sejak lama maka perlu datang ke Siamanalagi Ny Tjiong di Jalan Dalem Kaum No. 10. Lokasinya berada di deretan pertokoan sekitar Alun Alun Bandung. 

Simanalagi merupakan toko kudapan yang telah berdiri sejak 1948 dan tetap mempertahankan cita rasanya. Anda patut mencicipi pisang kipas-nya dimana menggunakan pisang tanduk dan pisang raja. Ada juga pisang raja, comro, gandasturi, ubi bola, tahun oncom, gehu, peuyeum bali, cireng, lunpia, dan aneka kue basah. Selama 63 tahun rasa makanannya terus dijaga kualitasnya sehingga membuat olahan pisang ini terus diminati. Untuk pisang goreng harganya berkisar antara Rp1.500 hingga Rp2.000 per buah. Selamat berwisata ya :)