Kingvoyage Travel Planner: Romantisme Jalan Braga Bandung

Selasa, 06 Juni 2017

Romantisme Jalan Braga Bandung

Jalan Braga, salah satu jalan di kota Bandung yang pasti akan membuat Anda merasa seperti berada di masa penjajahan kolonial Belanda. Sebuah kawasan yang mirip dengan nama kota di utara Portugal.

Kata Braga berasal dari bahasa Sunda "ngabaraga" yang artinya bergaya. Braga waktu itu menang menjadi the place to see and to be seen. Ruas jalan yang tak terlalu panjang dengan bangunan tuanya yang menambah kesan klasik.

Jalan Braga yang panjangnya kurang lebih 700 meter ini terletak persis di jantung kota dan berhampiran dengan jalan Asia-Afrika yang dikenal dengan Gedung Merdeka.

Tata letak kedai-kedai yang ada di kawasan ini mirip seperti kedai-kedai yang ada di Eropa. Hal ini akan membawa Anda seolah berada di negeri Eropa. Tak jarang masih ada pula kedai yang mempertahankan ciri khas bangunan yang berarsitektur lama nan romantis.

Mulanya, jalan braga tak sebesar dan seluas ini. Setelah masa penjajahan itu, Jalan Braga menjadi ramai karena banyak usahawan berkebangsaan Belanda yang membuka toko, rumah makan, bar, dan tempat hiburan lainnya.

Oleh pemerintah Belanda di sekitar Jalan Braga dibangun gedung pertemuan untuk warga Bandung, khususnya untuk kalangan tuan-tuan Belanda yang kaya, seperti Gedung Societeit Concordia (Gedung Merdeka),  Hotel Savoy Homann, gedung perkantoran, dan lainnya. Sampai sekarang, gedung-gedung bercirikan arsitektur Eropa itu, masih tetap berdiri megah.

Denyut nadi perekonomian sekarang memang masih terasa di Jalan Braga. Ada toko kue, bank, restoran, toko pakaian hingga perkantoran. Namun denyut nadi Jalan Braga jauh berbeda dibandingkan di era jayanya dulu. Yang menarik justru fenomena di ujung utara Jalan Braga. Selepas perempatan Jalan Braga-Suniaraja, denyut kawasan ini semakin kencang mulai malam hingga dini. Kehadiran rumah karaoke, klab malam serta tempat billiard memang membuat kawasan ini lebih hidup dibandingkan bagian lain di Jalan Braga.

Anda dapat mengunjungi jalan ini dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Kendaraan umum tidak diperbolehkan melalui kawasan tersebut. Saran kami, nikmatilah Jalan Braga degnan berjalan kaki karena kondisi trotoarnya cukup baik.

Selain Jalan Braga, Anda juga dapat mengunjungi tempat lain seperti Gedung Merdeka, Gedung Landmark Bandung, dan Alun-alun Bandung yang letaknya berdekatan.

Jika Anda ingin beristirahat, tak perlu khawatir di kawasan ini terdapat banyak hotel untuk Anda singgahi seperti hotel Savoy Homann, Hotel Grand Preanger dan Aston Braga Hotel – Residence Bandung.

Selamat Berkeliling kota Bandung :)