Kingvoyage Travel Planner: Masjid di kota Bandung

Selasa, 06 Juni 2017

Masjid di kota Bandung

*Melihat keindahan kota dari ketinggian
 
Masjid Raya Bandung dibangun pada tahun 1810 dan sejak didirikannya telah banyak sekali mengalami renovasi, hingga tahun 2001 diresmikan oleh Gubernur H.R.Nuriana sebagai Masjid Raya Bandung.

Lokasinya berada di alun-alun dekat dengan ruas jalan Asia-Afrika, tidak jauh dari Gedung Merdeka dan Museum Konferensi Asia Afrika.

Mengunjungi Masjid ini tidak lengkap rasanya tanpa naik menara dan melihat keseluruhan kota Bandung dari atas. Pemandangan ini hanya dapat dinikmati pada hari Sabtu, Ahad, dan hari libur dengan biaya hanya IDR. 2000,00/orang.





*Menghela nafas sejenak
*Dari segala aktivity 

Pusdai (Pusat Dakwah Islam) ini merupakan salah satu Masjid yang ada di kota Bandung. Lokasinya berada di jalan Diponegoro no.63, Bandung. Ya, Pusdai ini memang merupakan sebuah lembaga dakwah yang difasilitasi oleh Pemprov Jabar untuk menjadi sentral pembinaan, pemograman dan pengembangan syiar Islam di Jawa Barat. 

Ketika pertama kali Anda menginjakan kaki di kawasan PUSDAI ini, Anda akan merasakan suasana yang berbeda. Batu marmer yang mendominasi bangunan memberikan kesan mewah, kubah atau atap Masjid yang terbuat dari kayu memberikan kesan megah, dan interior (termasuk kaligrafi) baik Masjid maupun ruang seminar memberikan kesan luarbiasa. Sangat indah. :)

*Indahnya cahaya memancar dari lafaz Allah
*Suasana damai dari keramaian kota

Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan dimulai pembangunannya pada hari Senin, 7 September 2009 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1430 H (Nuzulul Quran), dan diresmikan pada bulan Agustus 2010.

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 1 Ha yang menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan  dengan Al Irsyad Satya Islamic School (berafiliasi dengan Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiyah of Singapore) sebuah sekolah Islam international yang ada di Kota Baru Parahyangan.

Bangunan Masjid dapat menampung 1500 jamaah. Menurut Ridwan Kamil, arsitek mesjid Al-Irsyad ini, bentuk mesjid berupa kubus sederhana tersebut terinspirasi oleh Ka'bah yang ada di Masjidil Haram. Fasad Masjid ini merupakan susunan concrete block yang membentuk kaligrafi kalimat As-Syahadah.

Masjid Al Irsyad meraih Penghargaan "The Best 5 World Building of The Year 2011 untuk kategori Bangunan Religi, versi Archdaily & Green Leadership Award tahun 2011 dari BCI Asia.

Bagaimana ? Ingin berkunjung ke salah satu Masjid di atas ? :)