Kingvoyage Travel Planner: Transportasi Jakarta-Bandung

Selasa, 06 Juni 2017

Transportasi Jakarta-Bandung

Seperti sebuah pepatah yang mengatakan "banyak jalan menuju Roma", ada banyak pilihan cara yang bisa Anda ambil untuk menuju Bandung dari Jakarta. Bandung kini menjadi salah satu tujuan favorit wisata bagi kalangan warga Jakarta dan sekitarnya.

Selain karena bidang kepariwisataan Kota Bandung yang semakin berkembang dari hari ke hari, hal ini disebabkan juga oleh faktor lokasi yang tidak begitu jauh dari Jakarta. Jarak antara Jakarta-Bandung hanya sekitar 150 km dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 2 jam saja lewat tol. Kota Bandung menawarkan variasi pilihan wisata. Inilah yang menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang kemari.

 

MOBIL


Bagi Anda yang menggunakan mobil, ada beberapa jalur yang bisa Anda pilih. Jalur-jalur ini adalah :

Jalur ini merupakan jalur yang umum digunakan untuk menuju Bandung. karena waktu tempuhnya yang paling cepat. Dari Jakarta, Anda menuju simpang susun Cawang, masuk Tol Jakarta-Cikampek, melewati gerbang tol Cikarang Utama hingga daerah Karawang Timur, belok kiri di KM. 67, melewati Simpang susun Dawuan yang menghubungkan anda dengan tol Purbaleunyi untuk kemudian tiba di Bandung via pintu tol Cimahi/Pasteur (KM. 127), Pasirkoja (KM. 132), Kopo (Km. 135), Mohamad Toha (KM.137) dan Buah Batu (KM.140).



Sebelum Tol Cipularang diresmikan, jalur ini merupakan jalur favorit karena melewati kawasan wisata Puncak. Dari Simpang susun Cawang, belok menuju arah Tol Jagorawi. Setelah membayar tol di gerbang Ciawi, ambil jalur kiri masuk Simpang Gadog dan Cisarua terus ikuti jalan yang menanjak hingga Puncak dan Cipanas dan turun hingga Kota Cianjur untuk kemudian tiba di Padalarang dan masuk tol Padaleunyi Bandung.

Jalur ini dulu adalah jalur alternatif apabila Jalur Bandung via Puncak mengalami kemacetan parah. Melalui jalur ini, Anda akan melewati wilayah perumahan yang cukup ramai di daerah Cibubur dan Cileungsi. Dari Simpang susun Cawang, belok menuju arah Tol Jagorawi, exit tol di Cibubur, lurus hingga Cileungsi, naik fly over Cileungsi lurus terus ke Jonggol dan Ciranjang. Dari Ciranjang, belok kiri menuju Padalarang dan masuk tol Padaleunyi Bandung.


SEPEDA MOTOR


Setidaknya ada 3 rute yang bisa Anda pilih jika Anda hendak pergi menuju Bandung dengan menggunakan sepeda motor. Rute-rute ini adalah :

Jakarta > Pulogadung/Kalimalang > Bekasi Barat > Bekasi Timur > Bulakkapal > Tambun > Cibitung > Cikarang > Lemahabang > Kedunggedeh > Karawang > Klari > Kosambi > Cikampek > Cikopo > Sadang > Purwakarta > Sukatani > Darangdan > Cikalongwetan > Padalarang > Cimahi > Bandung.

Jakarta > Raya Bogor > Cibinong > Kedung Halang > Bogor > Tajur > Cisarua > Puncak > Cipanas > Cugenang > Cianjur > Ciranjang > Padalarang > Rajamandala > Padalarang > Cimahi > Bandung.

Jakarta > Pasar Rebo > Cisalak > Cibubur > Cileungsi > Jonggol > Cikalong Kulon > Ciranjang > Padalarang > Rajamandala > Padalarang > Cimahi > Bandung.


 

KERETA API


Dengan waktu tempuh hanya 3 jam, kereta api merupakan salah satu pilihan favorit lainnya bagi mereka yang hendak menuju Bandung dari Jakarta. Berikut ini beberapa kereta api yang bisa Anda gunakan untuk menuju Bandung :
 
KA Argo Parahyangan jurusan Gambir-Bandung
Naik dari stasiun Gambir dan Jatinegara, turun di stasiun Bandung.
Kelas Eksekutif : Rp. 70.000-80.000
Kelas Bisnis : Rp. 35.000-40.000

KA Serayu (Cipuja) jurusan Jakarta Kota-Bandung Kiaracondong-Kroya.
Naik dari stasiun Jakarta Kota, Pasar Senen dan Jatinegara, turun di stasiun Kiaracondong Bandung.
Kelas Ekonomi : Rp. 20.000an

BUS

Bus tujuan Bandung tersedia di hampir seluruh terminal bis di Jakarta sebagai berikut :
 
Kampung Rambutan-Bandung (24 jam)
Eksekutif AC : Rp. 45.000,-
Patas AC : Rp. 40.000,-
AC Ekonomi : Rp. 26.000
Ekonomi : Rp. 20.000,-
Operator : Agung Makmur, Bintang Permatasari, Gagak Rimang, Gardena, Harum, Jayalangit, Kramat Djati, Mios, Purba Jaya, Purba Mulya, Sinar Pasundan

Kalideres-Bandung (05.00-21.00)
Eksekutif AC : Rp. 50.000,-
Operator : Arimbi, Primajasa.

Lebak Bulus-Bandung (05.00-21.00)
Eksekutif AC : Rp. 50.000,-
Patas AC : Rp. 45.000,-
Operator : Primajasa, Suryalangit.

Tanjung Priok-Bandung (05.00-21.00)
Patas AC : Rp. 45.000.
Operator : Primajasa.

Pool Primajasa Cililitan Jl. Mayjend. Sutoyo-Bandung
Eksekutif AC : Rp. 50.000,-
Patas AC : Rp. 45.000,-
Operator : Primajasa.

 

TRAVEL


Sekarang ini banyak Travel yang menawarkan menuju Bandung dari berbagai pool yang ada di Jakarta. Selain menawarkan layanan pool to pool, perusahaan-perusahaan travel ini juga menawarkan layanan door to door dengan kisaran harga yang relatif terjangkau.