Kingvoyage Travel Planner: Bandrek dan Bajigur - Minuman Tradisional Bandung

Selasa, 06 Juni 2017

Bandrek dan Bajigur - Minuman Tradisional Bandung

Minuman tradisional khas Bandung berikut,
wajib untuk dinikmati bagi mereka yang senang dengan wisata kuliner. Makanan dan minuman ini memang tradisional, namun di situlah khasnya, sehingga bisa dikatakan belum pernah ke bandung untuk berwisata kuliner jika belum pernah menyicipi minuman tradisional berikut.

Adalah minuman hangat yang sama seperti wedang jahe. Perbedaannya hanyalah warnanya yang cokelat pekat dengan perpaduan rasa manis, gurih, pedas dan hangat.

Satu perbedaan utama antara bandrek dan wedang jahe adalah adanya serutan kelapa dalam minuman ini. sehingga penikmat bandrek tidak hanya menikmati bandrek dengan cara disruput lalu ditelan tetapi juga ada sensasi mengunyah.

Adalah minuman yang terbuat dari santan kelapa dan gula merah. Rasanya manis dan sangat enak untuk dicicipi dalam kondisi panas. Di masa lalu, dan beberapa penjual bajigur yang ada saat ini, umumnya menjajakan minuman ini bersamaan dengan bandrek.

Karenanya, masyarakat Bandung hingga beberapa satu dekade ke belakang selalu menyebut pedagang bajigur sebagai tukang bandrek-bajigur. Bahkan ada lelucon anak yang tak asing lagi di kalangan masyarakat bandung yang berkaitan dengan dua minuman yang seolah berpasangan ini, “Bandrek-bajigur, budak pendek gede bujur”.